PROFIL
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
VISI
"Menjadi program studi terdepan, unggul dan modern di lingkungan Perguruan Tinggi Islam dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam serta memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu dan kematangan profesional".
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Islam
- Mengembangkan pendidikan dan kependidikan Islam sesuai dengan tuntutan masyarakat luas
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam
- Menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki tanggungjawab moral dan intelektual dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam, berdaya saing di tingkat local dan regional.
- Menjalin kerja sama pendidikan dengan berbagai stakeholders dalam pengembangan program studi dan lulusan.
- Menjadikan lulusannya sebagai peneliti handal dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam
- Menjadikan lulusannya menjadi tenaga profesional dalam bidang pendidikan agama Islam
- Menjadikan lulusannya sebagai konsultan handal dalam pengembangan pendidikan agama Islam
- Menjadikan lulusannya sebagai eunterpreuner dalam pendidikan agama Islam
- Memiliki budaya mutu, tolok ukur (benchmarking) ketuntasan (sense of closure), kekeluargaan dan kebersamaan (sense of belonging) dalam menjalankan profesi.
Kompetensi Lulusan Magister Pendidikan Agama Islam
a. Sebagai Pendidik
- Mampu mentransfer pengetahuan dalam upaya mentransformasikan kepribadian sesuai dengan hakikat dan fungsi Ilmu Pendidikan Islam.
- Mampu menguasai dan menerapkan strategi, metode, teknik dalam khasanah ilmu pendidikan dalam rangka melakukan kegiatan pendidikan.
- Menguasai paradigma pendekatan, konsep, prinsip serta teori yang relevan dengan Pendidikan Agama Islam.
- Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan Pendidikan Agama Islam untuk menemukan jawaban terhadap permasalahan yang ada.
- Memperlihatkan etika profesi selaku pendidik.
- Menguasai hakikat keilmuan, baik dari segi epistemologi, penyusunan teori maupun fungsi kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
- Mampu menerapkan pengetahuan ilmiah yang dikuasai sebagai acuan bagi pemecahan masalah yang dihadapi melalui kegiatan penelitian
- Mampu memanfaatkan kegiatan ilmiah yang dikuasai sebagai landasan bagi pengembangan ilmu.
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian berdasarkan format dan tata cara masyarakat ilmiah
- Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan Pendidikan Agama Islam dalam kinerja profesional.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang telah dikuasai sebagai landasan bagi pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam
- Mampu menerapkan pengetahuan di bidang Pendidikan Agama Islam sebagai acuan dalam memecahkan berbagai permasalahan yang berkembang dalam masyarakat.
GELAR AKADEMIK
Gelar Akademik bagi
lulusan Prodi PAI pada PPs STAIN
Jurai Siwo Metro adalah Magister
Pendidikan Islam (M.Pd.I.)
Sumber :http://ppsstainmetro.ac.id/?page=konten&&no=15
KURIKULUM
KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Struktur Kurikulum Program Magister Pendidikan
Agama Islam
1) MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan
Ketrampilan)
No
|
Kode
|
Mata
Kuliah
|
Jumlah
SKS
|
|
1
|
MKK.PAI.01
|
Studi Al-qur’an: Metodologi dan Tematik
|
3
|
|
2
|
MKK.PAI.02
|
Studi Hadits: Metodologi dan Tematik
|
3
|
|
3
|
MKK.PAI.03
|
Pendekatan dalam Pengkajian Islam
|
3
|
|
4
|
MKK.PAI.04
|
Sejarah Perkembangan Peradaban dan Pemikiran
dalam Islam
|
3
|
|
5
|
MKK.PAI.05
|
Metodologi Penelitian Pendidikan
|
3
|
|
Jumlah
|
15
|
2) MKB (Mata Kuliah
Keahlian Berkarya)
No
|
Kode
|
Mata
Kuliah
|
Jumlah
SKS
|
|
1
|
MKB.PAI.01
|
Filsafat Pendidikan Islam
|
3
|
|
2
|
MKB.PAI.02
|
Sejarah Sosial, Pemikiran dan Kelembagaan
Pendidikan Islam
|
3
|
|
3
|
MKB.PAI.03
|
Pembelajaran PAI di Sekolah Madrasah, Ponpes dan
PT
|
3
|
|
4
|
MKB.PAI.04
|
Evaluasi Pendidikan
|
3
|
|
5
|
MKB.PAI.05
|
Studi Kebijakan Pendidikan Agama Islam
|
2
|
|
6
|
MKB.PAI.06
|
Manajemen Pendidikan Agama Islam
|
3
|
|
7
|
MKB.PAI.07
|
Pengembangan Kurikulum PAI
|
3
|
|
8
|
MKB.PAI.08
|
Psikologi
Pendidikan
|
2
|
|
Jumlah
|
22
|
3) MKP (Mata Kuliah Keahlian Pilihan)
No
|
Kode
|
Mata
Kuliah
|
Jumlah
SKS
|
|
1
|
MKP.PAI.01
|
Statistik Pendidikan*
|
3
|
|
2
|
MKP.PAI.02
|
Tekhnologi Pendidikan*
|
||
3
|
MKP.PAI.03
|
Perbandingan
Pendidikan*
|
||
4
|
MKP.PAI.04
|
Sistem Penjaminan Mutu PAI*
|
||
Jumlah
|
3
|
4) MP (Mata Kuliah
Penunjang)
No
|
Kode MK
|
Mata
Kuliah
|
Jumlah
SKS
|
|
1
|
MP.PAI.01
|
Filsafat Ilmu (Studi Integrasi Islam dan Sains)
|
0
|
|
2
|
MP.PAI.02
|
Studi Naskah Pendidikan (Bahasa Arab)
|
0
|
|
3
|
MP.PAI.03
|
Studi Naskah Pendidikan (Bahasa Inggris)
|
0
|
|
4
|
MP.PAI.04
|
Seminar Proposal
|
0
|
|
Jumlah
|
0
|
5) TESIS
1
|
TA.PAI.
|
Tesis
|
6
|
Jumlah Total SKS
|
46
|
Sumber : http://ppsstainmetro.ac.id/?page=konten&&no=16
DOSEN
PRODI: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
|
|||
No
|
Dosen
|
Mata Kuliah
|
Semester
|
1
|
Prof. Dr. Syaripudin,
M.Ag
|
Sejarah Perkembangan
Peradaban dan Pemikiran dalam Islam
|
I
|
2
|
Dr. Zainal Abidin, M.Ag
|
||
3
|
Prof.Dr.Hj. Enizar, M.Ag
|
Pendekatan dalam
Pengkajian Islam
|
I
|
4
|
Dr. Makhrus As'ad, M.Ag
|
||
5
|
Prof. Dr. Edi Kusnadi,
M.Pd
|
Metodologi Penelitian
Pendidikan
|
I
|
6
|
Dr. Ida Umami, M.Pd
|
||
7
|
Prof. Dr. Ahmad Thib
Raya, MA
|
Studi Al-Qur'an: Teori
dan Metodologi
|
I
|
8
|
Dr. Tobibatussaadah,
M.Ag
|
||
9
|
Dr. H. Yusuf Baihaki, MA
|
||
10
|
Prof. Dr.Sujdarwo, M.S
|
Filsafat Ilmu
|
I
|
11
|
Dr. Abdul Syukur,
M.Ag
|
||
12
|
Dr. A. Fauzi Nurdin
|
||
13
|
Dr. Jamal Fakhri, M.Ag
|
Sejarah Sosial Pemikiran
dan Kelembagaan Pendidikan Islam
|
I
|
15
|
Dr. Muhammad Zaki, M.Ag.
|
Studi Hadits: Metodologi
dan Tematik
|
II
|
17
|
Prof. Dr. M. Zuhri,
M.Pd.
|
Pembelajaran PAI di
Sekolah, Madrasah, Ponpes dan PT
|
II
|
18
|
Prof. Dr. H. Abuddin
Nata, MA
|
||
19
|
Dr. Ahmad Asrori, M.A.
|
Filsafat Pendidikan
Islam
|
II
|
20
|
Prof. Dr. Karwono, M.Pd.
|
||
22
|
Husnul Fatarib, M.A.,
Ph.D
|
Evaluasi Pendidikan
|
II
|
24
|
Dr. Nadirsah Hawari, MA
|
Studi Naskah Pendidikan
(Bahasa Arab)
|
II
|
28
|
Prof. M. Sirozi, M.A.,
Ph.D
|
Studi Kebijakan
Pendidikan Agama Islam
|
II
|
31
|
Dr. Adolf Bastian, M.Pd.
|
Psikologi Pendidikan
|
III
|
Sumber : http://ppsstainmetro.ac.id/?page=konten&&no=17