SELAMAT DATANG DI GUBUG MAYA IMAM BASUNI https://imambasunipps.blogspot.co.id

SATUAN ACARA PERKULIAHAN



PROGRAM PASCASARJANA
STAIN JURAI SIWO METRO
------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)


Matakuliah                               : Manajemen Pendidikan Agama Islam
Besarnya SKS                          : 3 (Tiga) sks.
Konsentrasi                              : Manajemen Pendidikan Agama Islam (M.Pd.I)
Pengampu Mata Kuliah             : Prof. Dr. H. Juhri Abdul Mu’in, M.Pd.
                                                  Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed.
                                                 


A.     STANDAR INTI (SI),

Pemahaman konsep manajemen pendidikan agama Islam aplikasinya dalam penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam di tingkat satuan pendidikan MI, MTs., MA., dan MAK serta PT.

B.     KOMPETENSI DASAR

Pada akhir pembelajaran, mahasiswa dituntut memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan Manajemen Pendidikan Agama Islam (MPI) pada setiap satuan dan jenjang pendidikan di lingkungan Kementrian Agama Republik Indonesia, di tempat tugas masing-masing. Mampu mengelola proses pembelajaran di kelas secara profesional dan mampu mengimplementasikan fungsi-fungsi mananjemen pendidikan di lingkungan satuan pendidikan MI, MTs., MA, dan MAK mengacu pada kurikulum 2013-2015.


C.     MATERI POKOK KAJIAN

  1. Orientasi Perkuliahan dan pemahaman Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam  (dua materi) disajikan oleh Dosen pengampu Matakuliah.
  2. Perspektif Manajemen Pendidikan, oleh Kelp. I, materi bersumber dari bukunya Juhri (9-31).
  3. Filsafat Manajemen Pendidikan, oleh Kelp. II, materi bersumber dari bukunya Juhri (32-35).
  4. Pemberdayaan Tenaga Kependidikan, oleh Kelp. III, materi bersumber dari bukunya Juhri (36-67).
  5. Manajemen Komponen Sekolah, oleh Kelp. IV, materi bersumber dari bukunya Juhri (68-99).
  6. Manajemen Berbasis Sekolah, oleh Kelp. V, materi bersumber dari bukunya Fasli Djalal (149-165).
  7. Manajemen Pengorganisasian Materi Pembelajaran, oleh Kelp. VI, materi bersumber dari bukunya Suwardi (43-59).
  8. Ujian Tengah Semester (UTS) Materi dari pertemuan 1-7.
  9. Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas oleh Kelp. VII, materi bersumber dari bukunya Suwardi (132-136).
  10. Mengelola Sekolah Berkualitas dan Kompetensi Guru oleh Kelp. VIII, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali (192-276).
  11. Supervisi Akademik dalam Membangun Mutu Pendidikan oleh Kelp. IX, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali (277-344).
  12. Membangun Manajemen Sekolah Efektif Oleh Kelp. X, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali  (345-366)
  13. Konsep Dasar Manajemen Perlengkapan sekolah oleh Kelp. XI, materi bersumber dari bukunya Ibrahim Bafadal (1-9).
  14. Manajemen Instruksi dalam Pembelajaran oleh Kelp. XII, materi bersumber dari bukunya Kelvin Seifert (221-270).
  15. Manajemen Perencanaan Kurikulum oleh Kelp. XIII, materi bersumber dari bukunya Oemar Hamalik (149-167)
  16. Ujian Akhir Semester (UAS) materi bersumber dari bukunyadari pertemuan pertama sampai pertemuan akhir.

Catatan: Materi makalah wajib dikembangkan dari suatu sumber yang didapat dan/atau diakses dari Internet, hasil-hasil penelitian lapangan, dan/atau berasal dari buku teks sumber lainnya yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Agama Islam.


D.    METODE PERKUALIAHAN

Selama Proses perkuliahan, Metode yang dipergunakan dalam penyajian matakuliah ini adalah: Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Presentasi Makalah, Menyusun Artikel Ilmiah (Judul bebas), evaluasi, dan Pendalaman Materi.


E.     TUGAS-TUGAS

1.      Individual; mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 80% hadir tatap muka; secara aktif turut serta menyusun makalah kelompok dan hadir dalam presentasi, mengikuti ujian-ujian; dan menyerahkan hasil tugas mandiri tepat waktu. Mengakses materi dari internet yang berkaitan dengan Materi pokok kajian, dibuat makalah dan diserahkan pada pertemuan perkuliahan terakhir.

2.      Kelompok; menyusun makalah kelompok, setiap kelompok terdiri minimal 2 orang berperan aktif setiap diskusi kelompok; setiap kelompok mengambil dua topik pada materi perkuliahan sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kecuali topic 1, di antara kelompok tidak boleh mengambil materi yang sama dengan lainnya. Makalah kelompok dikumpulkan pada pertemuan ke-2.

F.      EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR, SERTA KETENTUAN MAKALAH

Setiap mahasiswa akan dinyatakan berhasil menyelesaikan mata kuliah Manajemen Pendidikan Agama Islam dengan syarat: (1) mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 80 % dari program perkuliahan yang dirancang dosen yang telah dibahas bersama mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan (bertanya, memberi tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses pembelajaran); (3) Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan kelas; (4) mengikuti ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS) tepat waktu, (5) Menyusun tugas mandiri; (6)  menyelesaikan tugas mandiri maupun kelompok tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu matakuliah.


G.    PETUNJUK TUGAS KELOMPOK DAN MANDIRI


1.        Buatlah makalah kelompok untuk disajikan di depan kelas, dengan menentukan salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program Perkuliahan di atas.
2.        Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam CD rw, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB   I  PENDAHULUAN     (berisi: Latar Belakang; Tujuan Penulisan Makalah; Sistematika makalah);
BAB  II  PEMBAHASAN       (berisi: sub-pokok bahasan seperti tertuang pada point 2 sd. 15 (kecuali 1 dan 8- di atas)
BAB III TANGGAPAN          (berisi: hasil tanggapan kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN              (beri simpulan secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR RUJUKAN              (Cantumkan rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah, makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).

3.        Tugas kelompok (I s.d. XIII) dijilid Hard Cover warna merah menjadi satu oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu matakuliah paling lambat pada pertemuan ke-2.
4.          Tugas mandiri berupa penyusunan makalah dengan judul bebas namun terkait dengan materi “Manajemen Pendidikan Islam”àMPI

H.    EVALUASI HASIL KULIAH


Kriteria:

a.   Kriteria evaluasi tugas individu dan kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis, dan evaluasi
serta presentasi hasil kajian.
b.   Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar tanggapan atas sumber yang ditelusuri
c.   Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

A-     Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B+    Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B-     Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C+    Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lima hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
DAFTAR BACAAN

Abu Dohou, Ibtisam, (2002). School Based Management (Manajemen Berbasis Sekolah). Jakarta: Bagian Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SMA/MA.

Fasli Djalal dan Dedy Supriyadi. (2001) Reformasi Pendidikan dalam kontek Otonomi Daerah. Jakarta. Diterbitkan atas kerja sama Depdiknas-Bappennas-Adicita Karya Nusa.

Fiedler, F.E., & Chemer, M.M., (1974). Leadership and Effective Management. Glenview, II, Scott, Foresman.

Ibrahim Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah teori dan Aplikasinya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Juhri, AM. (2006) Perspektif Manajemen Pendidikan Persekolahan. Metro; Lembaga Penelitian UM Press.

..............., (2010) Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu pendekatan Kompetensi Guru. Metro Lemlit UM Metro Press.

Kelvin Seifert. (2007). Manajemen Pembeljaran Dan Instruksi Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit IRCiSoD.

Oemar Hamalik. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Penerbit PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Suwardi. (2007). Manajemen Pembelajaran Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Surabaya. PT. Temprina Media Grafika.

Tony Bush and Marianne Coleman. (2000). Leadership and Strategic Management in Education. New Delhi. Sage Publications Company.

Umiarso & Imam Gojali. (2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit IRCiSoD.

Metro, 20 Agustus 2013
Tim Pengampu Matakuliah,


Prof. Dr. H. Juhri Abdul Muin, M.Pd.
Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed.




Malik fajar : MBS (dimananaj, fungsi2. manajmen
Oleh Josh L Tery : POAC : Planing, organizing, actuaiting, controling (cantraling)
                 (tahu, tapi rasa percaya diri, kurang...perebutan pulau (malaysia) sipadan dan ligitan kalah, karena diplomasi, debatnya rendah.
Kurikulum 2013-2015, skill and attitude, Komuikasi intrapersonal
Yg double membuat makalah maka  tidak wajib makalah indivudu,
Yang dihard coper makalah kelompok saja (13),  seperti tesis warna merah..kalau bisa pakai photo.