PROGRAM PASCASARJANA
STAIN JURAI SIWO METRO
------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Matakuliah : Manajemen
Pendidikan Agama Islam
Besarnya
SKS : 3 (Tiga) sks.
Konsentrasi : Manajemen Pendidikan Agama Islam (M.Pd.I)
Pengampu Mata Kuliah : Prof. Dr. H. Juhri Abdul
Mu’in, M.Pd.
Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed.
A. STANDAR INTI (SI),
Pemahaman konsep manajemen pendidikan
agama Islam aplikasinya dalam penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam di tingkat
satuan pendidikan MI, MTs., MA., dan MAK serta PT.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa
dituntut memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan Manajemen Pendidikan
Agama Islam (MPI) pada setiap satuan dan jenjang pendidikan di lingkungan
Kementrian Agama Republik Indonesia, di tempat tugas masing-masing. Mampu mengelola
proses pembelajaran di kelas secara profesional dan mampu mengimplementasikan
fungsi-fungsi mananjemen pendidikan di lingkungan satuan pendidikan MI, MTs., MA, dan MAK mengacu pada kurikulum 2013-2015.
C. MATERI
POKOK KAJIAN
- Orientasi Perkuliahan dan pemahaman Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam (dua materi) disajikan oleh Dosen pengampu Matakuliah.
- Perspektif Manajemen Pendidikan, oleh Kelp. I, materi bersumber dari bukunya Juhri (9-31).
- Filsafat Manajemen Pendidikan, oleh Kelp. II, materi bersumber dari bukunya Juhri (32-35).
- Pemberdayaan Tenaga Kependidikan, oleh Kelp. III, materi bersumber dari bukunya Juhri (36-67).
- Manajemen Komponen Sekolah, oleh Kelp. IV, materi bersumber dari bukunya Juhri (68-99).
- Manajemen Berbasis Sekolah, oleh Kelp. V, materi bersumber dari bukunya Fasli Djalal (149-165).
- Manajemen Pengorganisasian Materi Pembelajaran, oleh Kelp. VI, materi bersumber dari bukunya Suwardi (43-59).
- Ujian Tengah Semester (UTS) Materi dari pertemuan 1-7.
- Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas oleh Kelp. VII, materi bersumber dari bukunya Suwardi (132-136).
- Mengelola Sekolah Berkualitas dan Kompetensi Guru oleh Kelp. VIII, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali (192-276).
- Supervisi Akademik dalam Membangun Mutu Pendidikan oleh Kelp. IX, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali (277-344).
- Membangun Manajemen Sekolah Efektif Oleh Kelp. X, materi bersumber dari bukunya Umiarso dan Imam Ghozali (345-366)
- Konsep Dasar Manajemen Perlengkapan sekolah oleh Kelp. XI, materi bersumber dari bukunya Ibrahim Bafadal (1-9).
- Manajemen Instruksi dalam Pembelajaran oleh Kelp. XII, materi bersumber dari bukunya Kelvin Seifert (221-270).
- Manajemen Perencanaan Kurikulum oleh Kelp. XIII, materi bersumber dari bukunya Oemar Hamalik (149-167)
- Ujian Akhir Semester (UAS) materi bersumber dari bukunyadari pertemuan pertama sampai pertemuan akhir.
Catatan: Materi
makalah wajib dikembangkan dari suatu sumber yang didapat dan/atau diakses dari
Internet, hasil-hasil penelitian lapangan, dan/atau
berasal dari buku teks sumber lainnya yang berkaitan dengan Manajemen
Pendidikan Agama Islam.
D.
METODE
PERKUALIAHAN
Selama Proses perkuliahan, Metode yang
dipergunakan dalam penyajian matakuliah ini adalah: Ceramah, Diskusi, Tanya
Jawab, Presentasi Makalah, Menyusun
Artikel Ilmiah (Judul
bebas), evaluasi, dan Pendalaman Materi.
E. TUGAS-TUGAS
1.
Individual; mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya
80% hadir tatap muka; secara aktif turut serta menyusun makalah kelompok dan
hadir dalam presentasi, mengikuti ujian-ujian; dan menyerahkan hasil tugas
mandiri tepat waktu. Mengakses materi dari internet yang berkaitan dengan Materi pokok
kajian, dibuat makalah dan diserahkan pada pertemuan perkuliahan terakhir.
2.
Kelompok; menyusun
makalah kelompok, setiap kelompok terdiri minimal 2 orang berperan aktif setiap
diskusi kelompok; setiap kelompok mengambil dua topik pada materi
perkuliahan sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kecuali topic 1, di antara
kelompok tidak boleh mengambil materi yang sama dengan lainnya. Makalah
kelompok dikumpulkan pada pertemuan ke-2.
F.
EVALUASI
PROSES DAN HASIL BELAJAR, SERTA KETENTUAN MAKALAH
Setiap mahasiswa akan dinyatakan berhasil menyelesaikan
mata kuliah Manajemen Pendidikan Agama Islam dengan syarat: (1) mengikuti
perkuliahan sekurang-kurangnya 80 % dari program perkuliahan yang dirancang
dosen yang telah dibahas bersama mahasiswa; (2) Aktif dalam partisipasi perkuliahan
(bertanya, memberi tanggapan, dan menjelaskan saat diskusi selama proses
pembelajaran); (3) Menyusun makalah kelompok yang dipresentasikan di depan
kelas; (4) mengikuti ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir smester (UAS) tepat waktu, (5) Menyusun
tugas mandiri; (6) menyelesaikan tugas
mandiri maupun kelompok tepat waktu yang diprogramkan bersama dosen pengampu
matakuliah.
G. PETUNJUK TUGAS KELOMPOK DAN MANDIRI
1.
Buatlah
makalah kelompok untuk disajikan di
depan kelas, dengan menentukan
salah satu topik dalam materi pokok seperti terdapat pada Program Perkuliahan di atas.
2.
Penyerahan makalah kelompok yang akan dipresentasikan di depan kelas dalam bentuk print out disertai dengan softcopy dalam CD rw, dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN (berisi: Latar
Belakang; Tujuan Penulisan Makalah; Sistematika makalah);
BAB II PEMBAHASAN (berisi:
sub-pokok bahasan seperti tertuang pada point 2 sd. 15 (kecuali 1 dan 8- di atas)
BAB III TANGGAPAN (berisi:
hasil tanggapan kelompok tentang materi yang dibahas secara cermat);
BAB IV SIMPULAN (beri
simpulan secara singkat dan cukup satu paragrap);
DAFTAR RUJUKAN (Cantumkan
rujukan lebih dari dua sumber baik dalam bentuk buku teks, jurnal ilmiah,
makalah ilmiah, Artikel yang diakses dari Internet, dan sumber ilmiah lainnya).
3.
Tugas kelompok (I s.d. XIII) dijilid Hard Cover warna merah menjadi satu
oleh ketua angkatan dan diserahkan kepada dosen pengampu matakuliah paling lambat pada
pertemuan ke-2.
4.
Tugas
mandiri berupa penyusunan makalah
dengan judul bebas namun terkait dengan materi “Manajemen Pendidikan Islam”àMPI
H. EVALUASI HASIL KULIAH
Kriteria:
a. Kriteria
evaluasi tugas individu dan kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian,
analisis, dan evaluasi
serta presentasi
hasil kajian.
b. Penelusuran
sumber, kesimpulan dan komentar tanggapan atas sumber yang ditelusuri
c. Presentasi kelompok ditinjau dari:
teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan, dan menyimpulkan.
Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah
kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan
Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %,
Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai
berikut:
A Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80
% dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling
lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang
ditetapkan untuk itu.
A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3
hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok,
mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk
itu.
B+ Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1
hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok
mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk
itu.
B Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari
jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal
presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti UTS
dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80
% dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat
dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang
ditetapkan untuk itu.
C+ Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 %
dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat
lima hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang
ditetapkan untuk itu.
C Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75
% dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat
lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok,
mengikuti UTS dan UAS, memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk
itu.
DAFTAR BACAAN
Abu Dohou, Ibtisam, (2002). School Based Management (Manajemen
Berbasis Sekolah). Jakarta:
Bagian Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SMA/MA.
Fasli Djalal dan Dedy Supriyadi. (2001) Reformasi Pendidikan dalam kontek Otonomi Daerah. Jakarta. Diterbitkan atas kerja sama
Depdiknas-Bappennas-Adicita Karya Nusa.
Fiedler, F.E., &
Chemer, M.M., (1974). Leadership
and Effective Management. Glenview,
II, Scott, Foresman.
Ibrahim Bafadal. (2008). Manajemen
Perlengkapan Sekolah teori dan Aplikasinya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Juhri, AM.
(2006) Perspektif Manajemen Pendidikan
Persekolahan. Metro; Lembaga Penelitian UM Press.
..............., (2010) Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu
pendekatan Kompetensi Guru. Metro Lemlit UM Metro Press.
Kelvin Seifert. (2007). Manajemen
Pembeljaran Dan Instruksi Pendidikan. Jogjakarta:
Penerbit IRCiSoD.
Oemar Hamalik. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Penerbit PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Suwardi. (2007). Manajemen
Pembelajaran Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Surabaya. PT. Temprina Media Grafika.
Tony Bush and Marianne
Coleman. (2000). Leadership and Strategic
Management in Education. New Delhi. Sage Publications Company.
Umiarso & Imam Gojali.
(2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era
Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit IRCiSoD.
Metro, 20 Agustus 2013
Tim Pengampu Matakuliah,
Prof. Dr. H. Juhri Abdul Muin, M.Pd.
Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed.
Malik fajar : MBS
(dimananaj, fungsi2. manajmen
Oleh Josh L Tery : POAC :
Planing, organizing, actuaiting, controling (cantraling)
(tahu, tapi rasa percaya diri, kurang...perebutan
pulau (malaysia) sipadan dan ligitan kalah, karena diplomasi, debatnya rendah.
Kurikulum 2013-2015, skill
and attitude, Komuikasi intrapersonal
Yg double membuat makalah
maka tidak wajib makalah indivudu,
Yang dihard coper makalah
kelompok saja (13), seperti tesis warna
merah..kalau bisa pakai photo.